Cara Memulai Investasi untuk Pemula dengan Mudah

Cara Memulai Investasi untuk Pemula dengan Mudah

beritafintech.com - Sebagai investor pemula, Anda hanya perlu memilih tempat untuk memulai. Buat strategi investasi yang Anda rasa nyaman dan patuhi. Berikut sudah kami ulas cara memulai investasi untuk pemula dengan mudah.

"Bunga majemuk adalah keajaiban dunia kedelapan. Dia yang memahaminya akan mendapatkannya. Dia yang tidak, membayarnya." - Albert Einstein

Pada titik ini dalam perjalanan keuangan pribadi Anda, Anda mungkin tidak perlu menjual ide untuk berinvestasi. Anda tahu ini adalah cara untuk membangun masa depan keuangan yang sehat untuk diri Anda sendiri, dan itu bagus.

Dengan itu, banyak anak muda membutuhkan dorongan untuk mulai berinvestasi. Menurut sebuah penelitian, 52% orang berusia antara 21 dan 36 tahun menyimpan tabungan mereka dalam bentuk tunai, di mana tidak ada pertumbuhan.

Jika tujuannya adalah kemandirian finansial, ini bukan cara untuk mencapainya. Tapi Anda beruntung: postingan ini adalah panduan pemula saya untuk berinvestasi dan menguraikan semua yang perlu Anda ketahui untuk memulai. Mari kita langsung.

Apa Itu Investasi?

Investasi adalah proses pengalokasian dana dengan tujuan untuk mencapai suatu tujuan tertentu di kemudian hari. Secara umum, ada dua jenis investasi:

Pertumbuhan Investasi

Berinvestasi dalam pertumbuhan melibatkan peningkatan kekayaan Anda melalui peningkatan modal. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan strategi jangka pendek atau jangka panjang.

Pikirkan investasi pertumbuhan seperti melakukan serangan untuk meningkatkan kekayaan bersih Anda. Dua jenis investasi pertumbuhan yang paling umum adalah properti dan saham, yang sering kali datang dalam bentuk saham di masing-masing perusahaan.

Dalam kebanyakan kasus, adalah ide yang baik untuk membuat sebagian besar pertumbuhan Anda berinvestasi saat Anda masih muda dan memiliki toleransi risiko yang lebih besar.

Dengan cara ini, Anda akan dapat mengatasi naik turunnya pasar saham karena, secara teori, Anda juga akan berada di tahun-tahun penghasilan utama Anda.

Investasi Defensif

Investasi defensif adalah kebalikan dari investasi pertumbuhan, yang merupakan strategi konservatif yang digunakan untuk mengurangi risiko kehilangan aset Anda.

Dengan mengadopsi strategi investasi defensif, adalah mungkin untuk melindungi uang Anda dari penurunan tiba-tiba yang tidak terduga seperti yang kita saksikan saat ini di tengah pandemi yang sedang berlangsung.

Pada akhirnya, investor baru harus berusaha untuk membangun portofolio investasi yang terdiversifikasi yang berisi investasi defensif dan berorientasi pertumbuhan.

Dengan membangun portofolio dengan jumlah perlindungan defensif yang masuk akal, akan lebih mudah untuk menghindari godaan untuk menjual selama masa bergejolak. Contoh investasi defensif termasuk obligasi, saham terbalik, dan komoditas.

FAQ: Apakah uang tunai, emas, dan investasi bersifat defensif?

Investor terkadang bertanya apakah aset seperti uang tunai, emas, dan Treasuries adalah pilihan investasi defensif. Secara teknis, jenis investasi ini bersifat defensif karena memberikan stabilitas dalam menghadapi kondisi pasar yang bergejolak namun menghasilkan pertumbuhan modal yang terbatas.

Membentuk Strategi Investasi

Sebelum Anda terjun ke dalam investasi dan mulai berinvestasi, Anda juga perlu memikirkan bagaimana Anda ingin mengelola dan mengembangkan portofolio Anda.

Anda dapat mengelola investasi Anda sendiri, atau membeli saham individu sebagai investor saham, atau Anda dapat memanfaatkan rencana yang lebih terstruktur seputar reksa dana, yang dikelola oleh para profesional.

Hanya Anda yang dapat menentukan alat investasi terbaik untuk kebutuhan Anda. Penting untuk diingat, bagaimanapun, bahwa mengelola investasi Anda dapat disertai dengan sejumlah risiko dan potensi pengembalian yang berkurang.

Menurut sebuah penelitian, antara tahun 1990 dan 2010, S&P 500 yang tidak dikelola menghasilkan 7,81% per tahun. Selama periode waktu yang sama, rata-rata investor memperoleh hanya 3,49% per tahun.

Perbedaan kinerja sebagian besar dipengaruhi oleh ketidakmampuan investor untuk mengelola uang secara efektif sendiri.

Kecuali jika Anda memiliki semua waktu di dunia untuk mempelajari pasar, mempelajari pola grafik, dan mengetahui seluk beluk semua perusahaan tempat Anda berinvestasi, bagaimana Anda dapat memastikan bahwa Anda membuat langkah terbaik?

Sebelum mengakses portofolio Anda dan melakukan investasi, berikut adalah beberapa pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri:

Apakah Anda Memiliki Mood untuk Berinvestasi?

Ingatlah bahwa kita berbicara tentang investasi di sini - bukan perdagangan harian. Perdagangan saham bisa sangat berisiko, dan sebagian besar investor tidak akan pernah mengalahkan pasar—terutama investor yang baru memulai.

Kunci untuk menghasilkan banyak uang saat berinvestasi adalah berpikir jangka panjang, berinvestasi dalam indeks, dan mengabaikan naik turunnya pasar.

Jika Anda adalah tipe orang yang senang mengambil inisiatif dan bertanggung jawab untuk terjun dan memulai perdagangan berdasarkan kinerja jangka pendek, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk bekerja dengan penasihat keuangan sehingga Anda dapat memperoleh beberapa pengalaman dan melihat bagaimana semuanya bekerja.

Apa Toleransi Anda Terhadap Risiko?

Jika Anda ingin berjudi dan memiliki firasat kuat bahwa dana tertentu dapat mengalahkan tolok ukur pasar, Anda mungkin ingin berinvestasi dalam dana yang dikelola secara aktif. Dari waktu ke waktu, dana aktif dapat menghasilkan keuntungan yang signifikan.

Namun, mereka juga dapat berkinerja buruk dalam banyak kasus. Anda tahu selera risiko Anda lebih baik daripada orang lain, jadi hanya Anda yang bisa membedakan uang mana yang paling cocok untuk situasi unik Anda.

Apakah Anda Ingin atau Membutuhkan Pengawasan Manual?

Beberapa orang menyukai gagasan membayar manajer dana untuk pengawasan efektif atas akun mereka. Namun, ini biasanya datang dengan biaya tahunan yang tinggi - dan tanpa jaminan bahwa strategi tersebut akan berhasil.

Jika Anda merasa ingin mengambil jalur aktif, tanyakan pada diri Anda sendiri apakah Anda melakukannya karena takut mempercayai dana benchmark atau jika Anda benar-benar yakin bahwa tim yang Anda pilih dapat mengalahkan benchmark.

Reksa Dana, Dana Indeks, dan ETF

Sekarang setelah Anda memiliki gagasan yang lebih baik tentang beberapa filosofi di balik investasi, mari kita lihat beberapa opsi yang tersedia bagi investor.

Dana Investasi

Reksa dana mengumpulkan uang dari banyak investor, menyatukan obligasi, saham, dan sekuritas menjadi satu instrumen keuangan.

Reksa dana dapat diinvestasikan secara pasif atau aktif. Dana pasif melacak portofolio tertimbang pasar dan tidak memerlukan intervensi manual. Akun aktif, di sisi lain, dikelola oleh profesional keuangan yang berdedikasi.

Berikut adalah tiga jenis reksa dana yang perlu dipertimbangkan.

Dana Terbuka (OEF)

Dana terbuka tidak membatasi jumlah saham yang dapat ditawarkan. Itu dibeli dan dijual secara bergulir.

Saham dibeli dan dijual kepada investor dari dalam dana tersebut, dan harganya ditentukan oleh nilai masing-masing sekuritas dana tersebut. Untuk mengetahui harganya, bagilah nilai pasar aset reksa dana dengan jumlah saham investor.

Dana Tertutup (CEF)

Dana tertutup memegang sejumlah saham tetap karena diperdagangkan oleh investor di bursa saham. Dana tersebut diperoleh melalui penawaran umum perdana (IPO). Seperti dana open-end, nilainya tergantung pada nilai aset bersih (NAB).

Namun, harganya tergantung pada penawaran dan permintaan. Reksa dana terbuka adalah pilihan yang paling banyak digunakan oleh investor, sebagian besar karena mereka memiliki lebih banyak fleksibilitas dalam membeli saham. Tidak seperti dana tertutup, dana terbuka tidak harus dibeli melalui broker.

Unit Penyertaan Dana (UIT)

UIT dijual sebagai sekuritas yang tidak dikelola (yaitu tetap) dan hanya dibuat untuk jangka waktu tertentu. UIT diperdagangkan di bursa saham, dan dijual melalui perusahaan pialang. Selain itu, tidak diatur oleh dewan direksi.

Ada dua jenis UIT:

Perwalian Obligasi

Dana obligasi membayar pendapatan bulanan dalam angsuran tetap sampai obligasi pertama jatuh tempo dan pembayaran didistribusikan kepada klien. Proses ini berlanjut dari waktu ke waktu sampai semua obligasi dilikuidasi.

Dana Saham

Reksa dana saham memberikan pendapatan dividen dan apresiasi modal untuk jangka waktu tertentu.

Dana Indeks

Dana indeks adalah jenis reksa dana yang dikelola secara pasif yang dibangun di sekitar segmen pasar. Misalnya, dana indeks dapat dibangun di sekitar perusahaan yang membayar dividen tinggi, berdasarkan industri tertentu, atau berdasarkan ukuran perusahaan.

Tidak seperti reksa dana yang dikelola secara aktif, reksa dana indeks tidak mencoba mengalahkan pasar. Sebaliknya, ini dirancang untuk melacak pasar. Dana indeks dapat memiliki berbagai tingkat volatilitas. Namun, mereka umumnya dipandang sebagai investasi jangka panjang yang aman dan hemat biaya.

Ada dua hal penting yang perlu dipertimbangkan saat membeli dana indeks:

Hati-hati dengan biaya tinggi. Pertimbangkan untuk berinvestasi melalui perusahaan seperti Vanguard, yang menawarkan biaya yang wajar (beberapa dari yang terendah yang dapat Anda temukan!) dan pengembalian yang solid.

Perhatikan bagaimana dana yang berbeda mendistribusikan keuntungan. Itu bisa dibayar bulanan, triwulanan, setengah tahunan atau tahunan. Penting juga untuk memperhatikan tanggal dividen dana tersebut.

Pada saat yang sama, Anda mungkin ingin meneliti dan melihat apakah beberapa saham kemungkinan akan memotong dividennya dalam waktu dekat.

Exchange Traded Funds (ETF)

ETF mirip dengan reksa dana, tetapi dibeli dan dijual di bursa. ETF dapat dikelola secara aktif atau pasif. ETF yang dikelola secara aktif biasanya datang dengan biaya yang lebih tinggi dan cenderung berkinerja lebih buruk dari waktu ke waktu (merasa tren di sini?).

Sebagian besar investor cenderung memilih ETF pasif karena rasio biaya dan komisi broker yang lebih rendah. ETF umumnya dianggap kurang berisiko, karena sangat terdiversifikasi dan dapat dibangun di sekitar industri tertentu.

Secara umum, ETF adalah pilihan yang solid untuk investor pemula.

Manfaat Menggunakan Akun Broker

Sekarang, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana Anda benar-benar dapat membeli saham. Salah satu cara termudah dan paling hemat biaya untuk melakukannya adalah dengan membuat akun pialang kena pajak melalui perusahaan seperti Schwab, Fidelity, atau Merrill Lynch.

Apa Itu Akun Broker?

Akun pialang adalah akun keuangan yang memungkinkan Anda untuk menjual obligasi, saham, uang, dan jenis sekuritas lainnya. Singkatnya, perusahaan pialang adalah perusahaan induk yang akan mengamankan uang Anda karena didistribusikan ke dana yang berbeda.

Berikut adalah beberapa manfaat terpenting menggunakan akun pialang saat berinvestasi.

Akun Broker Mudah Diatur

Sebagian besar akun pialang dapat disiapkan dalam hitungan menit. Pendanaan mungkin memakan waktu sekitar satu minggu atau lebih, tergantung pada bank tempat Anda bekerja. Membuat akun pialang adalah salah satu cara tercepat dan termudah untuk mulai berinvestasi di pasar saham.

Dapat Mengakses Layanan Dukungan

Pasar pialang adalah pasar yang sangat kompetitif, dengan perusahaan bersaing untuk mendapatkan perhatian konsumen.

Dengan demikian, akun pialang biasanya dilengkapi dengan berbagai alat dan layanan pendidikan yang akan membantu Anda membuat keputusan investasi yang cerdas. Ini mungkin termasuk penelitian lanjutan, data teknis, layanan pemantauan, dan akses ke pakar keuangan, antara lain.

Memiliki Kendali Penuh Atas Uang

Akun pialang akan memberi Anda akses administratif penuh ke dana Anda. Jadi, jika Anda ingin membuat keputusan sendiri, Anda tidak perlu khawatir berurusan dengan penasihat keuangan bermasalah yang mungkin bertindak demi kepentingan terbaik mereka sendiri (itulah mengapa penting untuk bermitra dengan agen jika Anda menempuh rute ini!).

Anda akan memiliki kendali penuh atas pembelian dan penjualan sekuritas sesuai keinginan Anda. Tentu saja, ini bisa kembali menghantui Anda. Jika Anda memutuskan untuk mulai membeli sekuritas acak, pastikan Anda tahu apa yang Anda hadapi sebelumnya.

Pasar saham bisa menjadi tempat yang berbahaya, terutama bagi para penghobi. Terlalu sering, pedagang yang tidak berpengalaman membuat kesalahan seperti membeli opsi tanpa sepenuhnya memahami implikasinya. Jika Anda menggigit lebih dari yang bisa Anda kunyah, beberapa keputusan yang salah dapat membuat Anda tenggelam dalam utang.

Menyiapkan Akun Pensiun

Penting untuk melihat hutan dari pohonnya ketika datang untuk berinvestasi. Anda perlu memikirkan tujuan hidup Anda dan bagaimana mereka bisa berubah di masa depan.

Salah satu tips yang selalu saya berikan kepada investor pemula adalah menjaga diri sendiri di masa depan. Hanya karena Anda masih muda dan bebas sekarang tidak berarti pesta akan berlangsung selamanya.

Bahkan, Anda dapat mempercayai kata-kata saya bahwa pesta akan berakhir sebelum Anda menyadarinya, dan suatu hari Anda akan bangun di dunia nyata. Kebutuhan Anda bisa tiba-tiba berubah, dan itu akan berubah.

Untuk mengamankan kehidupan yang layak bagi keluarga Anda, Anda perlu memastikan bahwa Anda siap untuk pensiun.

Ikuti saran saya: buatlah rekening pensiun ketika Anda masih muda dan sisihkan uang untuk setiap gaji. Bahkan jika Anda mencapai usia 40 tanpa tabungan pensiun, tidak ada kata terlambat.

Faktanya, 37% karyawan antara usia 35 dan 44 memiliki tabungan kurang dari $1.000 untuk masa pensiun. Jadi, jika Anda belum mulai merencanakan masa depan Anda, jangan ragu bahwa Anda tidak sendirian. Ketahuilah bahwa belum terlambat untuk mengubah banyak hal!

Hal lain yang perlu dipikirkan adalah bagaimana Anda ingin menghabiskan masa pensiun Anda. Hanya karena Anda pensiun bukan berarti Anda harus berhenti bekerja selamanya.

Sebagai alternatif, pensiun dapat memberi Anda pilihan untuk menjalani hidup dengan cara Anda sendiri, dan mengejar proyek yang menurut Anda menyenangkan dan bermanfaat secara pribadi.

Bayangkan saja pensiun di usia 50 tahun, berlatih mendaki Gunung Everest, dan menulis buku tentang pengalaman Anda. Ini tentu saja tidak melampaui kemungkinan. Anda hanya perlu perencanaan yang tepat.

Dengan mengingat hal itu, berikut adalah beberapa jenis akun perencanaan pensiun yang populer untuk dipertimbangkan.

401(k)

Rencana 401 (k) adalah opsi pensiun yang disponsori perusahaan yang memenuhi syarat pajak dan banyak karyawan memiliki pilihan untuk berkontribusi. Dalam banyak kasus, pemberi kerja mungkin menawarkan program pencocokan 401(k).

Jika, misalnya, Anda memasukkan 6 persen dari gaji Anda ke dalam 401 (k), perusahaan Anda dapat memberikan kontribusi tambahan 3 persen. Kontribusi diambil atas dasar sebelum pajak dan menjadi pajak tangguhan.

Uang tidak kena pajak Anda tumbuh dari waktu ke waktu, dan Anda harus membayar pajaknya begitu Anda pensiun.

Akun Pensiun Perorangan (IRA)

Jika majikan Anda tidak mensponsori 401(k), jangan khawatir—Anda masih memiliki pilihan. Faktanya, sekitar sepertiga orang dewasa yang bekerja tidak memiliki akses ke 401(k) di pekerjaan mereka.

Beberapa perusahaan besar telah menangguhkan rencana 401 (k) mereka sehubungan dengan COVID-19. Jika ini masalahnya, Anda harus mempertimbangkan untuk menyiapkan Akun Pensiun Perorangan (IRA).

Ada beberapa jenis IRA yang berbeda untuk dipilih, dengan aturan dan peraturan berbeda tentang bagaimana uang itu dikenakan pajak dan kapan Anda dapat mengaksesnya.

Tradisional IRA

Akun IRA tradisional adalah jenis yang paling umum dari rencana tabungan pensiun individu yang diberikan pajak. Datang dengan kontribusi tahunan maksimum $6.000 untuk tahun 2021, atau $7.000 jika Anda berusia di atas 50 tahun.

IRA tradisional ideal untuk pekerja yang berharap berada di golongan pajak yang lebih rendah pada saat pensiun. Anda memasukkan uang sebelum pajak ke dalam akun Anda dan membayar pajak atas uang tersebut saat Anda menariknya selama masa pensiun.

Roth IRA

Salah satu kelemahan IRA tradisional adalah ia hadir dengan batasan kelayakan berdasarkan penghasilan Anda. Jika Anda tidak memenuhi syarat untuk IRA tradisional, Roth IRA mungkin tepat untuk Anda.

Roth IRA umumnya lebih lunak, karena mereka datang dengan penarikan dan kontribusi pajak tanpa penalti. Ini karena Roth IRA didanai dengan dolar setelah pajak, dan Anda tidak perlu membayar pajak atas keuntungan yang Anda peroleh saat menarik uang Anda di masa pensiun.

Roth IRA sangat bagus untuk orang-orang yang mungkin perlu mengakses tabungan sebelum pensiun. Banyak investor juga memilih untuk melakukan konversi Roth seiring bertambahnya usia.

Dalam skenario ini, Anda mengubah IRA tradisional Anda menjadi Roth IRA dengan membayar pajak atas uang Anda saat transfer dimulai. Tapi ini adalah cerita untuk hari lain.

Pensiun Wiraswasta (SEP) IRA

Jenis IRA ini dibuat oleh seseorang yang menjalankan bisnis mereka sendiri dan mungkin tidak memiliki akses ke opsi pensiun lainnya. Dalam SEP IRA, penghasilan dapat tumbuh bebas pajak hingga pensiun dan dikenai pajak setelah ditarik.

SEP IRA memiliki batas kontribusi pajak tahunan yang jauh lebih tinggi. Menurut IRS, pekerja dapat mengajukan 25 persen dari kompensasi atau hingga $ 57.000 dalam SEP IRA pada tahun 2021, mana yang lebih rendah.

Tentara Republik Irlandia yang Diarahkan Sendiri (SDIRA)

IRA mandiri dapat memberikan akses ke investasi tertentu yang tidak dapat Anda akses melalui jenis IRA lainnya. Misalnya, Anda dapat berinvestasi di real estat dengan IRA mandiri.

Ada beberapa batasan penting yang harus Anda waspadai dengan jenis akun ini. Wali Amanat SDIRA dilarang memberikan nasihat keuangan dan investasi, yang berarti bahwa pemegang rekening harus melakukan penelitian sendiri. Selain itu, hanya tersedia melalui perusahaan yang menyediakan layanan kustodian SDira.

Gambaran Rekening Tabungan Kesehatan (HSA)

Pada titik tertentu dalam hidup Anda, kemungkinan besar Anda akan menghadapi masalah medis yang mahal yang akan membuat Anda menoleh ke belakang, memaksa Anda untuk mengeluarkan pembayaran selangit. Ketika ini terjadi, penting untuk bersiap.

Menurut sebuah penelitian, 26% orang Amerika berusia antara 18 dan 64 memiliki masalah membayar tagihan medis. Anda tidak ingin termasuk dalam kategori ini — dan salah satu cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan membuat Health Savings Account (HSA), jika Anda berada dalam posisi untuk melakukannya.

HSA khusus untuk orang Amerika dengan rencana kesehatan yang dapat dikurangkan yang tinggi. Kontribusi dapat dikurangkan dari pajak 100%, dan penarikan dapat digunakan untuk membayar biaya pengobatan yang memenuhi syarat tanpa dikenakan denda pajak.

Selain itu, pendapatan bunga dan investasi dapat dikurangkan dari pajak dan ditangguhkan bila digunakan untuk biaya yang memenuhi syarat.

Bahkan jika Anda tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan HSA, tetap merupakan ide yang baik untuk menyisihkan uang jika terjadi kesalahan. Cepat atau lambat, Anda akan perlu membayar beberapa tagihan dokter.

Apakah Penasihat Robo adalah Ide yang Bagus?

Dalam beberapa tahun terakhir, kami telah melihat ledakan "penasihat bot" seluler, yang merupakan akun investasi otomatis yang memberikan nasihat keuangan dengan sedikit atau tanpa campur tangan manusia. Beberapa contoh terbaik meliputi:

  • Peningkatan
  • Garis depan
  • SoFi Invest
  • Schaub

Hal yang perlu diingat dengan penasihat robo adalah bahwa ada aset yang dikenakan biaya manajemen, dan banyak penyedia memiliki persyaratan setoran pembukaan yang signifikan.

Juga, beberapa kritikus berpendapat bahwa robo-advisor paling cocok untuk investor pemula. Sementara penasihat bot bisa menjadi cara yang bagus untuk membuat kaki Anda basah di dunia investasi, Anda mungkin bisa mengatasi mereka di beberapa titik.

Secara pribadi, saya lebih suka berinvestasi di akun pialang berbiaya rendah, dan dalam dana indeks dengan rasio biaya rendah. Jika Anda memprioritaskan kenyamanan daripada biaya, konsultan bot mungkin cocok untuk Anda.

Apa Itu Investasi Kecil?

Era digital telah menghasilkan banyak jenis tren dan peluang investasi baru. Salah satu contohnya adalah investasi mikro, yang melibatkan investasi sedikit demi sedikit dengan membeli sebagian kecil saham. Ini biasanya dilakukan melalui platform investasi mikro.

Tiga contoh platform investasi mikro meliputi:

Acorns

Acorns membulatkan pembelian ke dolar terdekat, mengambil selisihnya, dan menginvestasikannya dalam portofolio yang diperdagangkan di bursa. Investasi otomatis dapat diatur, dan peluang cashback tersedia saat Anda berbelanja di perusahaan tertentu.

Robinhood

Robinhood adalah aplikasi gratis yang memungkinkan Anda berinvestasi dalam saham, opsi, dan ETF. Mereka tidak memungut komisi, mereka bahkan menawarkan saham gratis untuk mendaftar. Semoga Anda mendapatkan yang berharga!

Stash

Stash adalah platform lain yang dapat menawarkan alat dan pedoman investasi, dan layanan seperti perbankan online dan investasi yang terjangkau. Seperti Robinhood, Stash menawarkan layanan investasi mikro yang dapat membantu mentransfer sejumlah kecil uang ke dompet yang sah, yang terakumulasi dari waktu ke waktu.

Jadi, apakah aplikasi investasi ini sepadan? Hanya Anda yang dapat melakukan panggilan itu. Namun, saya biasanya memberi tahu orang-orang bahwa dalam hal berinvestasi, dengan cara yang mudah akan memberi Anda hasil yang biasa-biasa saja.

Anda juga dapat mengakhiri pengeluaran jauh lebih banyak dari yang Anda maksudkan dalam biaya tersembunyi dan biaya penggunaan. Jika Anda membutuhkan sesuatu seperti Robinhood atau Stash untuk memulai sebagai investor, lakukanlah.

Namun dalam jangka panjang, Anda harus menyusun strategi investasi yang serius dan antipeluru. Kemungkinannya adalah Anda tidak akan pensiun dan mencapai kemandirian finansial di platform investasi kecil ini. Ini adalah bagaimana itu.

Cara Memulai Investasi Tanpa Banyak Uang

Menjadi investor bisa tampak seperti tujuan yang dibuat-buat, terutama jika Anda hampir tidak menghasilkan cukup uang. Namun ternyata, Anda tidak perlu kaya atau bahkan terjangkau secara finansial untuk berinvestasi. Siapapun bisa melakukannya. Semakin awal Anda memulai, semakin baik hasilnya seiring waktu.

Ingat kutipan Einstein yang saya sebutkan di awal. Bunga majemuk - atau bunga yang diperoleh dari bunga - adalah konsep yang bagus. Investasi kecil dapat terakumulasi dengan cepat dan menghasilkan lebih banyak modal dari waktu ke waktu, menumbuhkan sarang Anda, dan membantu Anda mencapai kebebasan finansial lebih cepat.

Berikut adalah beberapa tips untuk mulai berinvestasi jika Anda tidak memiliki banyak uang di bank.

Pilih Anggaran yang Sesuai

Untuk penganggaran, banyak penasihat keuangan merekomendasikan aturan 50/30/20, di mana 50 persen dari pendapatan Anda digunakan untuk pengeluaran harian, 30 persen untuk perencanaan jangka menengah, dan 20 persen dikecualikan untuk pensiun.

Tergantung pada gaji Anda, Anda mungkin menemukan bahwa menyisihkan 20 persen untuk pensiun agak terlalu banyak pada awalnya. Tetapkan anggaran yang sesuai dengan gaya hidup Anda dan tetap berpegang pada rencana. Ini mungkin mengharuskan Anda untuk kreatif dengan masalah uang.

Tapi percayalah: itu pasti akan sia-sia dalam jangka panjang.

Pembayaran Hutang

Jika Anda memiliki hutang, lunasilah secara penuh sebelum Anda mulai berinvestasi. Jika tidak, pengembalian Anda akan dibatalkan dengan uang yang hilang dari pembayaran bulanan.

Utang adalah salah satu pembunuh kekayaan terbesar, dan Anda harus menghilangkannya jika Anda ingin membangun rencana investasi yang serius. Jika Anda menemukan diri Anda berurusan dengan hutang, mulailah melunasi hutang buruk terlebih dahulu — seperti hutang kartu kredit — sebelum melunasi pinjaman pelajar Anda dan, jika mungkin, hipotek Anda.

Belanja Uang Murah

Ada banyak dana indeks murah untuk investor yang tidak ingin menghabiskan banyak uang. Sebenarnya, Anda harus menghindari dana indeks yang mahal karena mereka diperdagangkan secara pasif dan hanya melacak indeks pasar. Cari Vanguard untuk dana indeks murah.

Siap Menjadi Investor?

Seperti yang Anda lihat, dunia investasi itu kompleks. Tidak mungkin untuk mengalahkannya dalam semalam, jadi jangan coba-coba.

Dari awal, investasi bisa tampak menakutkan. Dan jujur ​​saja, seharusnya begitu. Keuangan adalah kompleks, dan kemandirian finansial untuk semua orang tidak akan tercapai dengan mudah.

Pada akhirnya, pilih saja tempat untuk memulai. Bahkan jika Anda membuka akun Acorns atau Fidelity dan membeli beberapa saham, Anda perlu mencelupkan jari-jari kaki Anda ke dalam air sebelum Anda dapat mulai berenang.

Karena Anda telah sampai sejauh ini, jelas bahwa Anda tertarik untuk menjadi investor dan sudah mencari opsi terbaik yang tersedia untuk Anda. Terus lakukan itu teman saya.

Buat strategi investasi yang Anda rasa nyaman dan patuhi. Jangan pernah menginvestasikan lebih banyak uang daripada yang bersedia Anda hilangkan, dan cobalah untuk menghilangkan perasaan Anda sepenuhnya.

Bagaimanapun, Anda berinvestasi untuk masa pensiun Anda. Volatilitas pasar harian - dan bahkan penurunan besar-besaran seperti yang kita lihat pada tahun 2020 - seharusnya tidak membuat Anda gugup. Pasar saham memiliki sejarah 100 tahun peningkatan nilai dari waktu ke waktu, jadi jika Anda sabar, hal-hal besar bisa terjadi.

Minimal? Mulailah dari yang kecil, diversifikasikan portofolio Anda, bersabarlah, dan buat keputusan yang cerdas. Dengan cara ini, sangat sulit untuk kalah. Apapun strategi yang Anda pilih, saya mendukung kesuksesan Anda.