Investasi Emas Haruskah Anda Membeli?

Investasi Emas Haruskah Anda Membeli?

beritafintech.com - Logam mulia bisa menjadi investasi yang bagus - inilah alasannya kenapa Anda harus investasi emas. Emas telah menjadi komoditas berharga selama berabad-abad. Sepanjang sejarah yang tercatat (dan tidak tercatat), emas telah digunakan sebagai mata uang dan simbol kekayaan dan kekuasaan.

Emas telah ditemukan di makam yang terkubur di samping sisa-sisa yang berasal dari 4500 SM. Nilai jangka panjang ini menunjukkan stabilitas dan daya tarik emas dari waktu ke waktu.

Investor menganggap emas sebagai salah satu investasi teraman, karena dengan cepat mendapatkan kembali nilainya selama penurunan ekonomi. Harganya sering bertentangan dengan pasar saham atau fluktuasi ekonomi.

Ketika kepercayaan investor hancur, harga emas sering naik karena investor yang cemas mencari tempat yang aman untuk menaruh uang yang ditarik dari pasar. Emas juga dianggap sebagai surga pada saat inflasi karena nilainya jauh lebih baik daripada aset yang didukung mata uang, yang mungkin naik harganya, tetapi nilainya turun.

Jika membeli emas sebagai investasi sepertinya ide yang bagus, baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.

Investasi Emas

Berinvestasi emas tidak sama dengan membeli saham atau obligasi. Anda dapat memperoleh emas secara fisik dengan membeli koin emas atau batangan emas. Emas batangan adalah emas berbentuk batangan dengan cap di atasnya.

Segel itu berisi tingkat kemurnian dan jumlah emas dalam pita. Nilai emas batangan atau koin berasal dari kandungan logam mulianya daripada kelangkaan dan kondisinya, dan dapat berubah sepanjang hari.

Anda dapat membeli emas batangan atau koin dari beberapa bank, dealer, pialang, dan United States Mint, yang telah memproduksi koin emas dan batangan untuk investasi sejak 1986.

Anda juga dapat membeli saham di perusahaan pertambangan emas, kontrak berjangka emas, dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) yang berfokus pada emas, dan instrumen keuangan reguler lainnya.

Jika investor membeli ETF yang didukung emas, mereka membeli saham kepemilikan dana perwalian dalam emas, tetapi mereka tidak memiliki klaim atas emas itu sendiri.

Berinvestasi dalam emas dengan gagasan bahwa tidak pernah kehilangan nilai adalah pendekatan yang salah. Seperti halnya investasi atau aset keuangan, emas tunduk pada tekanan penawaran dan permintaan yang menyebabkan harga berfluktuasi.

Harga Emas Saat Ini dan Historis

Investor harus mulai dengan melihat harga spot emas, yang bisa dibeli dan dijual pada saat itu. Harga spot emas ditentukan per ons, gram, atau kilogram. Misalnya, pada akhir Senin, 7 Juni 2021, harga spot emas adalah $1.903,00 per ounce, $61,18 per gram, dan $61,181,45 per kilo.

Jika Anda melihat harga emas historis, Anda akan menemukan bahwa harga emas naik secara signifikan pada dekade pertama abad kedua puluh satu. Pada tahun 2008, harga emas bervariasi dari sekitar $720 per ounce hingga lebih dari $1.000 per ounce.

Saat ekonomi jatuh ke dalam resesi, harga emas naik menjadi sekitar $1.895 pada tahun 2011 karena kepercayaan dan permintaan investor.5 Pada April 2020, harga emas telah turun secara dramatis, sedikit lebih banyak daripada hampir satu dekade yang lalu, tetapi terus berkembang dengan baik di tengah kemerosotan ekonomi

Hal serupa terjadi pada akhir 1970-an. Setelah kenaikan harga di tahun 1970-an, emas menghabiskan dua puluh tahun berikutnya mengalami penurunan nilainya sebelum naik lagi sekitar 2000, selama krisis pandemi, permintaan emas naik, dan harga emas meningkat.

Investor pada saat itu tidak yakin apakah kenaikan akan berlanjut atau tidak karena ada kemungkinan tren akan berlanjut atau harga akan melemah lagi untuk jangka waktu yang lama. Selama kelemahan, tidak ada investasi emas yang akan menghasilkan bunga atau keuntungan.

Emas dalam Bentuk Apa yang Cocok untuk Anda?

Emas datang dalam berbagai bentuk, jadi satu mungkin lebih cocok untuk strategi investasi Anda daripada yang lain. Anda dapat membeli koin atau batangan emas fisik, tetapi harus disimpan di lingkungan yang aman.

Ini mungkin termasuk membayar biaya kepada broker, bank, atau perusahaan lain. Salah satu keuntungan berinvestasi emas fisik adalah jika Anda perlu mencairkannya dengan cepat, Anda bisa.

Namun, koin emas dan batangan sering kali dijual dengan harga diskon dan dibeli dengan harga diskon, jadi Anda mungkin tidak mendapatkan harga pasar saat Anda perlu menjualnya.

Berinvestasi dalam sekuritas emas mirip dengan berinvestasi pada sekuritas lainnya, kecuali bahwa harga dapat bergerak mengikuti pasar saham. Misalnya, jika Anda berinvestasi di perusahaan pertambangan emas, harga saham mungkin lebih mencerminkan posisi keuangan dan posisi pasar perusahaan daripada harga emas.

Ini dapat menciptakan rasa aman yang salah jika Anda menggunakannya sebagai lindung nilai terhadap risiko.

Kapan Sebaiknya Membeli Emas?

Banyak pendukung emas menunjukkan bahwa ini adalah cara yang baik untuk melakukan lindung nilai terhadap kenaikan harga. Namun fakta tidak mendukung pernyataan tersebut. Emas seringkali merupakan lindung nilai yang lebih baik terhadap krisis keuangan, daripada lindung nilai inflasi.

Pada saat krisis, harga emas cenderung naik. Tapi ini tidak selalu terjadi selama periode inflasi tinggi. Jika ada krisis keuangan atau resesi di cakrawala, mungkin bijaksana untuk membeli emas.

Namun, jika ekonomi berada dalam periode inflasi tinggi, mungkin bijaksana untuk melewatinya. Saat berinvestasi untuk masa pensiun, Anda memerlukan investasi yang menghasilkan pendapatan saat ini atau secara wajar diperkirakan akan naik nilainya sehingga Anda dapat menjualnya di masa depan dan menggunakannya untuk konsumsi.

Emas bukanlah investasi yang dapat Anda andalkan untuk tujuan ini. Juga, perlu diingat bahwa jika Anda memiliki emas di rekening pensiun seperti IRA, mungkin ada penalti untuk penarikan awal jika Anda memutuskan untuk menjual emas itu dan mendapatkan uang kembali.

Berinvestasi dalam emas, apakah itu logam fisik atau sekuritas yang terkait dengan emas, adalah keputusan yang rumit dan bukan keputusan yang mudah.

Jika Anda memutuskan untuk benar-benar membeli emas, pastikan Anda membelinya dari dealer yang memiliki reputasi baik. Jika Anda membeli emas untuk rekening pensiun Anda, Anda harus menggunakan broker untuk membeli dan kustodian untuk menyimpan emas Anda.

Sebagai aturan umum, pakar keuangan sering menyarankan bahwa Anda memiliki tidak lebih dari sebagian kecil aset Anda dalam bentuk emas. Ini dianggap sebagai nasihat yang baik karena bertindak sebagai polis asuransi.

Jika Anda kehilangan semua saham lain jika terjadi crash, emas harus mengikuti tren historis dan naik nilainya, mencegah Anda kehilangan segalanya. Tapi ingat ini tidak dijamin, jadi berhati-hatilah saat membeli logam mulia ini.